SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Untuk
Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah
Inovasi SI & New Technology #
Dosen : DESY RISNAWATI
Dibuat Oleh :
Tommy Armando (1B117168 )
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
PTA
2018/2019
BAB I
SEJARAH
PERKEMBANGAN SI / TI
A. Sejarah SI / TI
B. Perkembangan Komputer
a)
Perkembangan
komputer generasi pertama
Komputer generasi
pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang
mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan
daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung
hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal
tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat
menyalurkan panas. Sejarah perkembangan konputer generasi pertama memiliki
ciri-ciri sebagai berikut :
1. Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas.
2. Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara
(Vacuum Tube).
3. Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya
tersimpan dalam memori komputer.
4. Untuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
5. Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan
terbatas.
6. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1
dalam urutan tertentu.
7. Prosesnya relatif lambat.
8. Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah
ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
9. Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
10. Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.
b)
Komputer
generasi ke dua
Generasi kedua lahir
pada tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan
komputer pada saat itu. Transistor dapatb menggantikan Tabung hampa udara. Dan
hal tersebut tentunya megubah semua ukuran mesin-mesin elektrik . Transistor
mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa
pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua
yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi
dibanding dengan komputer generasi pertama. Perkembangan Komputer Generasi
kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.
Program dapat dibuat dengan bahasa
tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
2.
Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
3.
Sirkutinya adalah transistor.
4.
Ukuran fisik komputer lebih kecil dari
komputer generasi pertama
5.
Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
6.
berorientasi pada bisnis dan teknik
7.
Proses operasi sudah cepat
c) Komputer generasi ke tiga
Komputer generasi
ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan
komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an.
Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari
alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack
Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi
(IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang
dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
d) Komputer generasi ke empat
Setelah IC ditemukan,
perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004
membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen
dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali
input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC
digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini
mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh
kebutuhan yang diinginkan. Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki
ciri-ciri sebagai berikut :
1.
Dikembangkan komputer mikro yang
menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori
komputer.
2.
Pada generasi ini komputer sudah memaki
Large Scale Integration (LSI)
e) Komputer generasi ke lima
Sejarah perkembangan
komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana
pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang
merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain
itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.
Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel
Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat
adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486,
dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang
diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di
samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah
menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih
tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar
juga menjadi semakin cepat.
C. Perangkat Komputer
Pada umumnya komputer tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat
keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kedua hal inilah yang membuat
komputer tersebut menjadi alat elektronik multifungsi kepada penggunanya
(brainware), karena tanpa kedua komponen ini komputer bukanlah apa-apa. Berikut
penjelasan lebih lengkap dan rinci mengenai definisi dan contoh dari hardware
dan software tersebut.
1. Perangkat Keras (Hardware)
Secara umum, perangkat keras atau
hardware bisa didefinisikan sebagai sejumlah perangkat komputer yang secara
fisik dapat dilihat dan diraba oleh manusia yang memiliki fungsi tertentu. Atau
dengan kata lain, hardware memiliki wujud dan bentuk yang nyata dibanding
dengan software. Perangkat keras ini terbagi atas 5 golongan yaitu :
1)
Perangkat Masukan (Input Device), yaitu perangkat yang
berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, gambar dan sebagainya ke
dalam komputer. Yang termasuk perangkat masukan adalah Keyboard, Mouse,
Scanner, dan lain-lain.
2)
Perangkat Keluaran (Output Device), yaitu perangkat
yang digunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan
(informasi). Contoh dari perangkat keluaran yaitu Speaker, Monitor, Printer,
dan sebagainya.
3)
Perangkat Pengolah Data (Processor), yaitu perangkat
yang dipergunakan untuk mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan. Yang
termasuk perangkat pengolah data ini adalah mikroprosesor.
4)
Perangkat Penyimpanan Data (Backing Storage), yaitu
perangkat yang digunakan untuk menyimpan data baik yang sudah diproses maupun
yang belum proses. Backing Storage ini terbagi lagi menjadi 2 bagian yaitu
internal dan eksternal. Bagian internalnya meliputi RAM dan ROM, sedangkan
bagian eksternalnya meliputi Harddisk, Floopy Drive, CD ROM, Flash Disk, dan
sebagainya.
5)
Perangkat Tambahan (Periferal Device), yaitu perangkat
tambahan atau pelengkap untuk mengoptimalkan kinerja komputer. Contohnya modem
dan lain-lain.
2. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak atau yang sering
disebut software merupakan perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat
namun tak dapat diraba secara langsung. Hal ini dikarenakan perangkat ini
tersedia dalam bentuk digital. Adapun definisi lain mengenai software yaitu
sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer yang dapat
berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Perangkat
lunak dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :
1.
Perangkat Lunak Aplikasi (Apllication Software), yaitu
aplikasi yang terdapat dalam komputer yang berfungsi sebagai pengolah kata
& angka, pemutar media, dan sebagainya seperti MS Office, Media Player, dan
Software sebagainya.
2.
Sistem Operasi (Operating System), yaitu program
utama/induk yang berfungsi sebagai pusat pengaturan dan pemrosesan data dalam
komputer, contohnya Windows, Linux, dan lain-lain.
3.
Perkakas Pengembangan Perangkat Lunak (Software
Development Tools), seperti kompilator dalam bahasa pemrograman Pascal.
4.
Pengendali Perangkat Keras (Device Driver), yaitu
penghubung antara perangkat keras dengan komputer. Contohnya Barcode Scanner
atau yang biasa disebut pembaca label/kode barang.
D. Pemanfaatan SI / TI di berbagai bidang
SI / TI
sudah diterapkan di berbagai bidang contohnya adalah sebagai berikut :
1)
Bidang
pemerintahan
E-Government adalah Suatu upaya
untuk mengembangkan penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik.
Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah
dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
2)
Bidang
kesehatan
Pengelolaan data di rumah sakit
merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan suatu sistem
informasi di rumah sakit. Pengelolaan data secara manual, mempunyai banyak
kelemahan, selain membutuhkan waktu yang lama, keakuratannya juga kurang dapat
diterima, karena kemungkinan kesalahan sangat besar. Dengan dukungan teknologi
informasi yang ada sekarang ini, pekerjaan pengelolaan data dengan cara manual
dapat digantikan dengan suatu sistem informasi dengan menggunakan komputer.
Selain lebih cepat dan mudah, pengelolaan data juga menjadi lebih akurat.
3)
Bidang
bisnis
Penerapan sistem informasi dalam
bidang bisnis, dengan dukungan teknologi informasi, telah menjadi komponen
penting dalam organisasi bisnis modern yang sukses menjalankan usahanya, karena
mampu membantu dalam pengembangan bisnis dan mengelola keunggulan kompetitif.
Sistem dan teknologi informasi juga diandalkan untuk meningkatkan efiektivitas
dan efisiensi proses-proses bisnis yang ada di organisasi, sehingga menjadi proses
bisnis unggulan (best practice), juga
mampu memfasilitasi jajaran manajer dalam pengambilan putusan dan kolaborasi
antar bagian.
4)
Bidang pendidikan
Bidang Pendidikan
pada dasarnya sebuah rangkaian yang berproses untuk meciptakan suatu perbuahan
dari kondisi yang tidak tahu menjadi serba mengetahui. Oleh karena itu
pendidikan mengandalkan adanya perbuatan, adanya rangkaian yang bersistem, dan
dapat dipraktekan dalam sebuah lembaga pendidikan.Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan (SIMP) merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi
teknologi informasi dalam memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali
dalam rangka mendukung kembali proses keputusan bidang pendidikan. Data
tersebut adalah data empiris dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
5)
Bidang
sosial
Peranan Sistem informasi dalam bidang sosial sanggat
lah berperan penting bagi kehidupan kita .Terutama untuk hubungan berintegrasi
dengan berbagai lingkup dengan adanya sistem informasi akan sangat mudah untuk berinteraksi dengan individu-individu lain, dan saling tergantung satu sama
lain. Di sini kita dapat menyatakan bahwa manusia sebagai makhluk sosial,
sangat memerlukan orang lain dan di tuntut untuk menjalin komunikasi dengan
baik satu sama lain.
BAB II
Perkembangan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak
A. Pengertian Perangkat lunak
1.
Input
Input Device adalah Perangkat masukan artinya perangkat keras yang
berfungsi untuk memasukan data atau perintah kedalam mesin komputer yaitu
processor. Detail Contoh dari Input
Device ialah :
1. Keyboard
2. Mouse
3. TouchPad
4. Scanner
5. Joy Stick
6. Light Pen
2. Proses
Process Device adalah alat untuk memproses data – data yang telah di kirim
oleh alat input, dan kemudian di terjemahkan sesuai dengan perintah yang di
berikan.. Detail Contoh dari Process Device ialah
1.
Processor
2.
RAM
3.
Penyimpanan
Storage Device adalah alat untuk
menyimpan data – data hasil proses dari processor. Namun data – data tersebut
telah berubah menjadi file bisa berupa video, mp3, documen dan aplikasi..Detail
Contoh dari Storage Device ialah
1.
Hard disk
2.
Flash disk
3.
CD/DVD
4.
Floppy Disk
B. Pemahaman Perangkat Lunak
Evolusi
Perangkat Lunak
Berikut ini adalah tahapan-tahapan
evolusi perangkat lunak yang dibagi menjadi empat bagian, sebagai berikut :
1. Tahap
Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak
tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat
lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi
software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada
perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih
dahulu.
2. Tahap Kedua
( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak
Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an.
Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna
dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini
menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human
Computer Interaction).
3. Tahap Ketiga
(1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak
tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun 1990.
Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak
sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari
komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini,
perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah. Selain itu,
pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu
masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian
jauh.
4.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak
Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak
sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras
dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.
TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat
lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik
manusia. Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan
syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan
komputer paralel sangat mendominasi pada era ini. Dan, pada masa ini pula
pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).
Klasifikasi Perangkat Lunak
Perangkat lunak dapat diterapkan di berbagai bidang
seperti bisnis, pendidikan, sektor sosial, dan bidang lainnya. Ini dirancang
agar sesuai dengan beberapa tujuan spesifik seperti pemrosesan data, berbagi
informasi, komunikasi, dan sebagainya. Hal ini diklasifikasikan menurut
berbagai potensi aplikasi. Klasifikasi ini tercantum di bawah ini.
1. System
software: Kelas
perangkat lunak ini mengelola dan mengendalikan operasi internal sistem
komputer. Ini adalah sekelompok program yang bertanggung jawab untuk
menggunakan sumber daya komputer secara efisien dan efektif. Misalnya, sistem
operasi adalah system software, yang mengendalikan perangkat keras, mengelola
fungsi memori dan multitasking, dan bertindak sebagai antarmuka antara program
aplikasi dan komputer.
2. Real-time
software : Kelas perangkat lunak ini mengamati, menganalisa, dan mengendalikan
kejadian dunia nyata saat terjadi. Umumnya, sistem real-time menjamin respon
terhadap peristiwa eksternal dalam jangka waktu tertentu. Sebagai contoh
perangkat lunak real-time (real-time software) adalah perangkat lunak yang
digunakan untuk peramalan cuaca yang mengumpulkan dan memproses parameter
seperti suhu dan kelembaban dari lingkungan luar untuk memperkirakan cuaca.
Sebagian besar organisasi pertahanan di seluruh dunia menggunakan perangkat
lunak real-time untuk mengendalikan perangkat keras militer mereka.
3. Business
software : Kelas perangkat lunak ini banyak digunakan di daerah di mana pengelolaan
dan pengendalian kegiatan keuangan sangat penting. Komponen fundamental dari
sistem bisnis terdiri dari perangkat lunak penggajian, inventaris, dan
akuntansi yang memungkinkan pengguna mengakses data yang relevan dari database.
Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan bantuan perangkat lunak bisnis khusus
yang memfasilitasi kerangka kerja yang efisien dalam operasi bisnis dan
keputusan manajemen.
4. Engineering
and scientific software : Kelas perangkat lunak ini telah muncul sebagai alat
bantu yang ampuh dalam penelitian dan pengembangan teknologi generasi
berikutnya. Aplikasi seperti studi tentang benda langit, aktivitas di bawah
permukaan, dan pemrograman jalur orbit untuk angkutan luar angkasa sangat
bergantung pada perangkat lunak teknik dan ilmiah. Perangkat lunak ini
dirancang untuk melakukan perhitungan yang tepat terhadap data numerik kompleks
yang diperoleh selama lingkungan real time.
5. Artificial
intelligence (AI) software : Kelas perangkat lunak ini digunakan dimana teknik
pemecahan masalah bersifat non-algoritmik. Solusi dari masalah tersebut umumnya
tidak sesuai dengan perhitungan atau analisis langsung. Sebaliknya, masalah ini
memerlukan strategi pemecahan masalah spesifik yang mencakup sistem pakar
(expert system), pengenalan pola (pattern recognition), dan teknik bermain game
(game-playing techniques). Selain itu, mereka melibatkan berbagai jenis teknik
pencarian yang mencakup penggunaan heuristik. Peran perangkat lunak kecerdasan
buatan (AI software) adalah menambahkan tingkat kecerdasan tertentu ke
perangkat keras mekanis agar pekerjaan yang diinginkan dilakukan dengan cara
yang tangkas.
6. Web-based
software : Kelas perangkat lunak ini bertindak sebagai antarmuka antara pengguna dan
Internet. Data di internet berupa teks, audio, atau format video, yang
dihubungkan dengan hyperlink. Web browser adalah perangkat lunak yang mengambil
halaman web dari Internet. Perangkat lunak ini menggabungkan instruksi eksekusi
yang ditulis dalam bahasa script khusus seperti CGI atau ASP. Selain
menyediakan navigasi di Web, perangkat lunak ini juga mendukung fitur tambahan
yang berguna saat berselancar di Internet.
7. Personal
computer (PC) software : Kelas perangkat lunak ini digunakan untuk penggunaan
resmi (official) dan pribadi (personal). Pasar perangkat lunak komputer pribadi
telah berkembang dalam dua dekade terakhir dari editor teks (text editor) biasa
hingga pengolah kata (word processor) dan dari kuas sederhana hingga perangkat
lunak editing gambar (image-editing software) tingkat lanjut. Ini telah muncul
sebagai alat bantu serbaguna untuk aplikasi rutin.
Bahasa Pemrogaraman
Bahasa Pemrograman merupakan sebuah
instruksi untuk memerintah komputer agar bisa menjalankan fungsi tertentu,
namun hanya instruksi standar saja. Seperti yang sudah Saya singgung di atas,
bahasa pemrograman merupakan sebuah perhimpunan dari aturan sintaks dan
semantik yang tugasnya untuk mendefinisikan program komputer. Seseorang yang
bisa memahami bahasa pemrograman dapat menentukan mana data yang akan di simpan
/ diteruskan, data mana yang akan di olah, dan langkah apa saja yang harus di
ambil dalam berbagai situasi.
·
Fungsi
Bahasa Pemrogaraman
Fungsi dari bahasa
pemrogramann adalah untuk memerintahkan sebuah komputer agar bisa mengolah data
sesuai dengan yang kita inginkan. Jadi, kendali sepenuhnya ada di tangan kita.
Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut bisa berupa aplikasi ataupun program
khusus, contonya seperti lampu lalu lintas. Antara lampu merah, kuning, dan
hijau memiliki urutan dan jeda waktu yang berbeda, sehingga para pengendara
tahu kapan harus berhenti dan kapan harus jalan.
·
Pengelompokaan
bahasa pemrograman
a)
Object Oriented Language : contohnya
adalah Visual C, Delphi, Visual dBase, Visual FoxPro.
b)
Low Level Language : contohnya
adalah bahasa Assembly.
c)
Middle Level Language : contohnya
adalah Bahasa C.
d)
High Level Language : contohnya
Basic dan Pascal.
Sistem Operasi
Sistem
Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang
diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk,
bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software
lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi
akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum
tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan
antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan
tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem
Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut
dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara
lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga
melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin
aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan
tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat
lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap
peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi
berjalan secara bersamaan, maka Sistem
Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa
mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup
untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.
Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah
subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung
untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna/user. Biasanya dibandingkan
dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer
, tapi secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu
tugas yang menguntngkan pengguna/user.
Aplikasi
Office
Aplikasi office adalah perangkat
lunak yang berguna untuk mengerjakan tugas tugas tugas yang berhubungan dengan
presentasi, kata , angka bahkan yang berhubungan dengan database. ada berbagai
macam aplikasi office seperti :
a) Microsoft
word
b) Microsoft
Excel
c) Microsoft
Powerpoint
d) Microsoft
Access
Aplikasi
Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi
dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara.
Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video
dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga
mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia
dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio
atau video, teks, grafik dan animasi.
Macam – Macam aplikasi multimedia :
A. Media Player
Perangkat
lunak yang digunakan untuk menjalankan atau memainkan audio atau video. Contoh
: Windows media player,winamp,real player, windows media classic
B. Audio/Video
Editor
Perangkat
lunak yang digunakan untuk memanipulasi atau mengedit informasi yang berupa
video atau audio. Contoh : adobe premiere pro, windows movie maker,gimp
C. Image
viewer.
Perangkat
lunak yang digunakan untuk melihat informasi yang berupa gambar.Contoh :
acdsee,xnview
Aplikasi
Internet
Aplikasi internet adalah suatu
aplikasi yang berhubungan dengan jaringan dan digunakan untuk mencari suatu
informasi lain nya. Berikut ini adalah beberapa contohnya :
1)
WWW
WWW (World Wide
Web) yaitu dokumen-dokumen internet yang tersimpan di server-server
yang ada di seluruh dunia. Dokumen web ini dibuat dengan memakai format HTML.
2)
E- Mail
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet
yang di prgunakan untuk komunikasi surat-menyurat dalam bentuk komunikasi
elektronik. Ada situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo! Dan
Gmail,dan masih banyak lagi yang lainnya
3)
Ping
Ping adalah aplikasi internet atau juga bias di
sebut Packet Internet Gopher yang sering dipakai untuk mengetaui apakah
komputer yang anda pakai terhubung dengan komputer lain di internet.
4)
Mailing List
Mailing List atau Milis adalah sebuah aplikasi
internet yang dipergunakan sebagai sarana komunikasi diskusi atau bertukar
informasi dalam bentuk kelompok melalui e-mail.
DAFTAR PUSTAKA
7. https://jagad.id/pengertian-bahasa-pemrograman-jenis-fungsi-dan-contoh/
0 komentar:
Posting Komentar