Sejarah Perkembangan Komputer

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER


Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Inovasi SI & New Technology #
Dosen : DESY RISNAWATI


Dibuat Oleh :
Tommy Armando (1B117168 )



FAKULTAS  ILMU KOMPUTER  DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2018/2019






BAB I
SEJARAH PERKEMBANGAN SI / TI

A.    Sejarah SI  / TI

B.     Perkembangan Komputer
a)      Perkembangan komputer generasi pertama
Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas. Sejarah perkembangan konputer generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.      Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas.
2.      Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
3.      Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
4.      Untuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
5.      Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
6.      Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
7.      Prosesnya relatif lambat.
8.      Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
9.      Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
10.  Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.

b)     Komputer generasi ke dua
Generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapatb menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya megubah semua ukuran mesin-mesin elektrik . Transistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama. Perkembangan Komputer Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.      Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
2.      Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
3.      Sirkutinya adalah transistor.
4.      Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
5.      Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
6.      berorientasi pada bisnis dan teknik
7.      Proses operasi sudah cepat

c)      Komputer generasi ke tiga
Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

d)     Komputer generasi ke empat
Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan  tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan. Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.      Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
2.      Pada generasi ini komputer sudah memaki Large Scale Integration (LSI)

e)      Komputer generasi ke lima
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.


C.    Perangkat Komputer
Pada umumnya komputer tersusun atas dua komponen utama yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kedua hal inilah yang membuat komputer tersebut menjadi alat elektronik multifungsi kepada penggunanya (brainware), karena tanpa kedua komponen ini komputer bukanlah apa-apa. Berikut penjelasan lebih lengkap dan rinci mengenai definisi dan contoh dari hardware dan software tersebut.
1.      Perangkat Keras (Hardware)
Secara umum, perangkat keras atau hardware bisa didefinisikan sebagai sejumlah perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba oleh manusia yang memiliki fungsi tertentu. Atau dengan kata lain, hardware memiliki wujud dan bentuk yang nyata dibanding dengan software. Perangkat keras ini terbagi atas 5 golongan yaitu :
1)        Perangkat Masukan (Input Device), yaitu perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, gambar dan sebagainya ke dalam komputer. Yang termasuk perangkat masukan adalah Keyboard, Mouse, Scanner, dan lain-lain.
2)        Perangkat Keluaran (Output Device), yaitu perangkat yang digunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan (informasi). Contoh dari perangkat keluaran yaitu Speaker, Monitor, Printer, dan sebagainya.
3)        Perangkat Pengolah Data (Processor), yaitu perangkat yang dipergunakan untuk mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan. Yang termasuk perangkat pengolah data ini adalah mikroprosesor.
4)        Perangkat Penyimpanan Data (Backing Storage), yaitu perangkat yang digunakan untuk menyimpan data baik yang sudah diproses maupun yang belum proses. Backing Storage ini terbagi lagi menjadi 2 bagian yaitu internal dan eksternal. Bagian internalnya meliputi RAM dan ROM, sedangkan bagian eksternalnya meliputi Harddisk, Floopy Drive, CD ROM, Flash Disk, dan sebagainya.
5)        Perangkat Tambahan (Periferal Device), yaitu perangkat tambahan atau pelengkap untuk mengoptimalkan kinerja komputer. Contohnya modem dan lain-lain.

2.      Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak atau yang sering disebut software merupakan perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat namun tak dapat diraba secara langsung. Hal ini dikarenakan perangkat ini tersedia dalam bentuk digital. Adapun definisi lain mengenai software yaitu sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer yang dapat berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :
1.        Perangkat Lunak Aplikasi (Apllication Software), yaitu aplikasi yang terdapat dalam komputer yang berfungsi sebagai pengolah kata & angka, pemutar media, dan sebagainya seperti MS Office, Media Player, dan Software sebagainya.
2.        Sistem Operasi (Operating System), yaitu program utama/induk yang berfungsi sebagai pusat pengaturan dan pemrosesan data dalam komputer, contohnya Windows, Linux, dan lain-lain.
3.        Perkakas Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development Tools), seperti kompilator dalam bahasa pemrograman Pascal.
4.        Pengendali Perangkat Keras (Device Driver), yaitu penghubung antara perangkat keras dengan komputer. Contohnya Barcode Scanner atau yang biasa disebut pembaca label/kode barang.

D.    Pemanfaatan SI / TI di berbagai bidang
SI / TI sudah diterapkan di berbagai bidang contohnya adalah sebagai berikut :
1)             Bidang pemerintahan
E-Government adalah Suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
2)             Bidang kesehatan
Pengelolaan data di rumah sakit merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan suatu sistem informasi di rumah sakit. Pengelolaan data secara manual, mempunyai banyak kelemahan, selain membutuhkan waktu yang lama, keakuratannya juga kurang dapat diterima, karena kemungkinan kesalahan sangat besar. Dengan dukungan teknologi informasi yang ada sekarang ini, pekerjaan pengelolaan data dengan cara manual dapat digantikan dengan suatu sistem informasi dengan menggunakan komputer. Selain lebih cepat dan mudah, pengelolaan data juga menjadi lebih akurat.
3)             Bidang bisnis
Penerapan sistem informasi dalam bidang bisnis, dengan dukungan teknologi informasi, telah menjadi komponen penting dalam organisasi bisnis modern yang sukses menjalankan usahanya, karena mampu membantu dalam pengembangan bisnis dan mengelola keunggulan kompetitif. Sistem dan teknologi informasi juga diandalkan untuk meningkatkan efiektivitas dan efisiensi proses-proses bisnis yang ada di organisasi, sehingga menjadi proses bisnis unggulan (best practice), juga mampu memfasilitasi jajaran manajer dalam pengambilan putusan dan kolaborasi antar bagian.
4)             Bidang pendidikan
Bidang Pendidikan pada dasarnya sebuah rangkaian yang berproses untuk meciptakan suatu perbuahan dari kondisi yang tidak tahu menjadi serba mengetahui. Oleh karena itu pendidikan mengandalkan adanya perbuatan, adanya rangkaian yang bersistem, dan dapat dipraktekan dalam sebuah lembaga pendidikan.Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMP) merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi teknologi informasi dalam memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali dalam rangka mendukung kembali proses keputusan bidang pendidikan. Data tersebut adalah data empiris dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
5)             Bidang sosial
Peranan Sistem informasi dalam bidang sosial sanggat lah berperan penting bagi kehidupan kita .Terutama untuk hubungan berintegrasi dengan berbagai lingkup dengan adanya sistem informasi akan sangat mudah untuk berinteraksi dengan individu-individu lain, dan saling tergantung satu sama lain. Di sini kita dapat menyatakan bahwa manusia sebagai makhluk sosial, sangat memerlukan orang lain dan di tuntut untuk menjalin komunikasi dengan baik satu sama lain.

BAB II
Perkembangan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak

A.    Pengertian Perangkat lunak
1.           Input
Input Device adalah Perangkat masukan artinya perangkat keras yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah kedalam mesin komputer yaitu processor. Detail Contoh dari Input Device ialah :
1.    Keyboard
2.    Mouse
3.    TouchPad
4.    Scanner
5.    Joy Stick
6.    Light Pen

2.      Proses
Process Device adalah alat untuk memproses data – data yang telah di kirim oleh alat input, dan kemudian di terjemahkan sesuai dengan perintah yang di berikan.. Detail Contoh dari Process Device ialah
1.    Processor
2.    RAM

3.      Penyimpanan
Storage Device adalah alat untuk menyimpan data – data hasil proses dari processor. Namun data – data tersebut telah berubah menjadi file bisa berupa video, mp3, documen dan aplikasi..Detail Contoh dari Storage Device ialah
1.      Hard disk
2.      Flash disk
3.      CD/DVD
4.      Floppy Disk

B.     Pemahaman Perangkat Lunak
Evolusi Perangkat Lunak
Berikut ini adalah tahapan-tahapan evolusi perangkat lunak yang dibagi menjadi empat bagian, sebagai berikut :
1.    Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
2.    Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an.  Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user.  Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi.   Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).
3.      Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun  1970 sampai awal tahun 1990.  Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat.  Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah.  Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.
4.    Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.  TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.  Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini.  Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).
           
Klasifikasi Perangkat Lunak
Perangkat lunak dapat diterapkan di berbagai bidang seperti bisnis, pendidikan, sektor sosial, dan bidang lainnya. Ini dirancang agar sesuai dengan beberapa tujuan spesifik seperti pemrosesan data, berbagi informasi, komunikasi, dan sebagainya. Hal ini diklasifikasikan menurut berbagai potensi aplikasi. Klasifikasi ini tercantum di bawah ini.
1.     System software: Kelas perangkat lunak ini mengelola dan mengendalikan operasi internal sistem komputer. Ini adalah sekelompok program yang bertanggung jawab untuk menggunakan sumber daya komputer secara efisien dan efektif. Misalnya, sistem operasi adalah system software, yang mengendalikan perangkat keras, mengelola fungsi memori dan multitasking, dan bertindak sebagai antarmuka antara program aplikasi dan komputer.
2.     Real-time software : Kelas perangkat lunak ini mengamati, menganalisa, dan mengendalikan kejadian dunia nyata saat terjadi. Umumnya, sistem real-time menjamin respon terhadap peristiwa eksternal dalam jangka waktu tertentu. Sebagai contoh perangkat lunak real-time (real-time software) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk peramalan cuaca yang mengumpulkan dan memproses parameter seperti suhu dan kelembaban dari lingkungan luar untuk memperkirakan cuaca. Sebagian besar organisasi pertahanan di seluruh dunia menggunakan perangkat lunak real-time untuk mengendalikan perangkat keras militer mereka.
3.     Business software : Kelas perangkat lunak ini banyak digunakan di daerah di mana pengelolaan dan pengendalian kegiatan keuangan sangat penting. Komponen fundamental dari sistem bisnis terdiri dari perangkat lunak penggajian, inventaris, dan akuntansi yang memungkinkan pengguna mengakses data yang relevan dari database. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan bantuan perangkat lunak bisnis khusus yang memfasilitasi kerangka kerja yang efisien dalam operasi bisnis dan keputusan manajemen.
4.     Engineering and scientific software : Kelas perangkat lunak ini telah muncul sebagai alat bantu yang ampuh dalam penelitian dan pengembangan teknologi generasi berikutnya. Aplikasi seperti studi tentang benda langit, aktivitas di bawah permukaan, dan pemrograman jalur orbit untuk angkutan luar angkasa sangat bergantung pada perangkat lunak teknik dan ilmiah. Perangkat lunak ini dirancang untuk melakukan perhitungan yang tepat terhadap data numerik kompleks yang diperoleh selama lingkungan real time.
5.     Artificial intelligence (AI) software : Kelas perangkat lunak ini digunakan dimana teknik pemecahan masalah bersifat non-algoritmik. Solusi dari masalah tersebut umumnya tidak sesuai dengan perhitungan atau analisis langsung. Sebaliknya, masalah ini memerlukan strategi pemecahan masalah spesifik yang mencakup sistem pakar (expert system), pengenalan pola (pattern recognition), dan teknik bermain game (game-playing techniques). Selain itu, mereka melibatkan berbagai jenis teknik pencarian yang mencakup penggunaan heuristik. Peran perangkat lunak kecerdasan buatan (AI software) adalah menambahkan tingkat kecerdasan tertentu ke perangkat keras mekanis agar pekerjaan yang diinginkan dilakukan dengan cara yang tangkas.
6.     Web-based software : Kelas perangkat lunak ini bertindak sebagai antarmuka antara pengguna dan Internet. Data di internet berupa teks, audio, atau format video, yang dihubungkan dengan hyperlink. Web browser adalah perangkat lunak yang mengambil halaman web dari Internet. Perangkat lunak ini menggabungkan instruksi eksekusi yang ditulis dalam bahasa script khusus seperti CGI atau ASP. Selain menyediakan navigasi di Web, perangkat lunak ini juga mendukung fitur tambahan yang berguna saat berselancar di Internet.
7.     Personal computer (PC) software : Kelas perangkat lunak ini digunakan untuk penggunaan resmi (official) dan pribadi (personal). Pasar perangkat lunak komputer pribadi telah berkembang dalam dua dekade terakhir dari editor teks (text editor) biasa hingga pengolah kata (word processor) dan dari kuas sederhana hingga perangkat lunak editing gambar (image-editing software) tingkat lanjut. Ini telah muncul sebagai alat bantu serbaguna untuk aplikasi rutin.

Bahasa Pemrogaraman
Bahasa Pemrograman merupakan sebuah instruksi untuk memerintah komputer agar bisa menjalankan fungsi tertentu, namun hanya instruksi standar saja. Seperti yang sudah Saya singgung di atas, bahasa pemrograman merupakan sebuah perhimpunan dari aturan sintaks dan semantik yang tugasnya untuk mendefinisikan program komputer. Seseorang yang bisa memahami bahasa pemrograman dapat menentukan mana data yang akan di simpan / diteruskan, data mana yang akan di olah, dan langkah apa saja yang harus di ambil dalam berbagai situasi.
·         Fungsi Bahasa Pemrogaraman
Fungsi dari bahasa pemrogramann adalah untuk memerintahkan sebuah komputer agar bisa mengolah data sesuai dengan yang kita inginkan. Jadi, kendali sepenuhnya ada di tangan kita. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut bisa berupa aplikasi ataupun program khusus, contonya seperti lampu lalu lintas. Antara lampu merah, kuning, dan hijau memiliki urutan dan jeda waktu yang berbeda, sehingga para pengendara tahu kapan harus berhenti dan kapan harus jalan.
·         Pengelompokaan bahasa pemrograman
a)      Object Oriented Language : contohnya adalah Visual C, Delphi, Visual dBase, Visual FoxPro.
b)      Low Level Language : contohnya adalah bahasa Assembly.
c)      Middle Level Language : contohnya adalah Bahasa C.
d)      High Level Language : contohnya Basic dan Pascal.

Sistem Operasi
Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna/user. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer , tapi secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntngkan pengguna/user.

Aplikasi Office
Aplikasi office adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengerjakan tugas tugas tugas yang berhubungan dengan presentasi, kata , angka bahkan yang berhubungan dengan database. ada berbagai macam aplikasi office seperti :
a)      Microsoft word
b)      Microsoft Excel
c)      Microsoft Powerpoint
d)      Microsoft Access

Aplikasi Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Macam – Macam aplikasi multimedia :
A.    Media Player
Perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan atau memainkan audio atau video. Contoh : Windows media player,winamp,real player, windows media classic
B.     Audio/Video Editor
Perangkat lunak yang digunakan untuk memanipulasi atau mengedit informasi yang berupa video atau audio. Contoh : adobe premiere pro, windows movie maker,gimp
C.     Image viewer.
Perangkat lunak yang digunakan untuk melihat informasi yang berupa gambar.Contoh : acdsee,xnview

Aplikasi Internet
Aplikasi internet adalah suatu aplikasi yang berhubungan dengan jaringan dan digunakan untuk mencari suatu informasi lain nya. Berikut ini adalah beberapa contohnya :
1)        WWW
WWW (World Wide Web) yaitu dokumen-dokumen internet yang tersimpan di server-server yang ada di seluruh dunia. Dokumen web ini dibuat dengan memakai format HTML.
2)        E- Mail
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet yang di prgunakan untuk komunikasi surat-menyurat dalam bentuk komunikasi elektronik. Ada situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo! Dan Gmail,dan masih banyak lagi yang lainnya
3)        Ping
Ping adalah aplikasi internet atau juga bias di sebut Packet Internet Gopher yang sering dipakai untuk mengetaui apakah komputer yang anda pakai terhubung dengan komputer lain di internet.
4)        Mailing List
Mailing List atau Milis adalah sebuah aplikasi internet yang dipergunakan sebagai sarana komunikasi diskusi atau bertukar informasi dalam bentuk kelompok melalui e-mail.


DAFTAR PUSTAKA
7.      https://jagad.id/pengertian-bahasa-pemrograman-jenis-fungsi-dan-contoh/




Share:

0 komentar:

Posting Komentar