DEFINISI KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan Buatan adalah salah satu
cabang Ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan
persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya
dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari
kecerdasan/Inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang
dikenal oleh komputer. Dengan suatu pendekatan yang kurang lebih fleksibel dan
efisien dapat diambil tergantung dari keperluan, yang mempengaruhi bagaimana
wujud dari perilaku kecerdasan buatan. AI biasanya dihubungkan dengan Ilmu
Komputer, akan tetapi juga terkait erat dengan bidang lain seperti Matematika,
Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan yang lainnya. Kemampuan untuk
mengkombinasikan pengetahuan dari semua bidang ini pada akhirnya akan
bermanfaat bagi kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan.
Pengertian lain dari kecerdasan
buatan adalah bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin komputer dapat
melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. Pada awal
diciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun
seiring dengan perkembangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan
manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung, lebih dari
itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala
sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia.
Manusia bisa menjadi pandai dalam
menyelesaikan segala permasalahan di dunia ini karena manusia mempunyai
pengetahuan dan pengalaman Pengetahuan diperoleh dari belajar. Semakin banyak
bekal pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang tentu saja diharapkan akan lebih
mampu dalam menyelesaikan permasalahan. Namu bekal pengetahuan saja tidak
cukup, manusia juga diberi akal untuk melakukan penalaran, mengambil kesimpulan
berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki. Tanpa memiliki
kemampuan untuk menalar dengan baik, manusia dengan segudang pengalaman dan
pengetahuan tidak akan dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Demikian pula
dengan kemampuan menalar yang sangat baik, namun tanpa bekal pengetahuan dan
pengalaman yang memadai, manusia juga tidak akan bisa menyelesaikan masalah
dengan baik.
Agar komputer bisa bertindak seperti
dan sebaik manusia, maka komputer juga harus diberi bekal pengetahuan dan
mempunyai kemampuan untuk menalar. Untuk itu AI akan mencoba untuk memberikan
beberapa metoda untuk membekali komputer dengan kedua komponen tersebut agar
komputer bisa menjadi mesin pintar.
Lingkup utama kecerdasan buatan:
- Sistem pakar. Komputer digunakan sebagai saran untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Dengan demikian komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah dengan meniru keahlian yang dimiliki para pakar
- Pengolahan bahasa alami. Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
- Pengenalan ucapan. Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan suara.
- Robotika dan Sistem sensor
- Computer vision, mencoba untuk dapat mengintrepetasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer
- Intelligent Computer aid Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar
Keuntungan Kecerdasan Buatan :
- Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya.
- Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain butuh proses dan waktu lama. Disamping itu suatu keahlian tidak akan pernah bisa diduplikasi secara lengkap. Sedangkan jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebuat dapat ditransfer atau disalin dengan mudah dan cepat dari satu komputer ke komputer lain
- Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibanding dengan harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
- Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan busatan adalah bagian dari teknologi komputer. Sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.
- Kecerdasan buatan dapat didokumentasikan. Keputusan yang dibuat komputer dapat didokumentasikan dengan mudah dengan melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
- Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami
- Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.
Keuntungan kecerdasan alami:
- Kreatif. Kemampuan untuk menambah ataupun memenuhi pengetahuan itu sangat melekat pada jiwa manusia. Pada kecerdasan buatan, untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun
- Kecerdasan alami memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus bekerja dengan input-input simbolik
- Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas.
PENERAPAN
KECERDASAN BUATAN
Walaupun AI memiliki konotasi fiksi
ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer,
berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah
mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan
tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah
pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa
dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah.
Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan
perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI
sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan
militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak
komputer rumah dan video game. Berikut ini adalah contoh penerapan kecerdasan
buatan di beberapa bidang :
1.
Penerapan Dalam
Bidang Bisnis
Dalam dunia
bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara
elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan
menggunakan jaringan komunikasi internet.
Semua bidang
kehidupan saat ini sudah tidak bisa lagi dipisahkan dengan pengunaan perangkat
TI, adapun peran TI dalam bidang ekonomi
adalah:
1.
E-Banking
Pengertian
E-Banking, E-banking didefinisikan
sebagai penghantaran otomatis jasa dan produk bank secara langsung kepada
nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi interaktif. E-Banking meliputi
sistem yang memungkinkan nasabah bank, baik individu ataupun bisnis, untuk
mengakses rekening, melakukan transaksi bisnis, atau mendapatkan informasi
produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau publik, termasuk internet.
Nasabah dapat mengakses e-banking melalui piranti pintar elektronik seperti
komputer/PC, PDA, ATM, atau telepon.
2.
E-Commerce
E-dagang atau
e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih
luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian
mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi
jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data
(databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non
komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran
untuk e-dagang ini.
2.
Penerapan Dalam
Bidang Pendidikan
E-Learning
dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan
di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses di mana saja.
E-learning
merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi. Dengan e-learning, kita dapat mengakses pembelajaran dimana saja
tanpa harus menyimak uacapan dari seorang pengajar secara langsung, dan tentu
saja sangat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk sebuah program pendidikan. Salah
satu contoh penerapannya adalah website https://ruangguru.com/
3.
Penerapan Di
Bidang Kesehatan
Salah penerapan
kecerdasan buatan adalah di bidang kesehatan untuk mengatasi dan menganalisis
permasalah yang ada adalah bidang kesehatan. Pengembangan aplikasi kecerdasan
buatan pada bidang kedokteran sangat membantu sekali beberapa user yang
terlibat dalam kedokteran. Contoh penerapannya adalah sebagai berikut :
1.
Rekam Medik Elektronik (Electronic Medical Record/EMR)
Rekam medik
merupakan basis data yang berisi berbagai catatan medis pasien pada sebuah
institusi pelayanan kesehatan. Pencatatan dan penyimpanan data pasien ini
bertujuan untuk dapat dimanfaatkan kembali ataupun untuk mengenali pola
kesehatan pasien.Media rekam medik berkembang dari waktu ke waktu. Saat ini
rekam medik menggunakan kertas sebagai media penyimpanan. Tetapi kertas memiliki
banyak kelemahan seperti dalam akses data, tempat penyimpanan dan keawetannya
sehingga rekam medis berkembang dengan menggunakan media elektronik. Rekam
medik elektronik menyimpan data elektronik dalam berbagai media penyimpanan
seperti harddisk, smartcard, flashdisk dan sebagainya, bahkan ada juga yang
disimpan dalam website tertentu.
4.
Penerapan Di
Bidang Militer
Bentuk
implementasi system pakar di bidang ini antara lain pada radar. Fungsi radar
secara umum ialah mendeteksi keberadaan benda di lingkungan dimana radar
berada. Jarak jangkauan radar bermacam-macam. Semakin berkembangnya teknologi
kemampuan radar semakin canggih. Radar saat ini dapat mendeteksi keberadaan awak
yang tidak dikenal, dan menampilkan informasi yang mendukung tentang benda yang
ditangkap pada radar. Bentuk lain aplikasi sistem pakar dalam pertahanan adalah
pada pesawat tempur. Pesawat tempur memiliki kemampuan yang sangat canggih.
Pada persenjataanya dapat mengunci sasaran, rudal secara otomatis akan mengenai
sasaran yang telah ditunjuk. Pada sistem keamanan setiap perusahaan juga
menerapkan sistem pakar pada kasus otorisasi menggunakan sidik jari, pemindai
retina, bahkan suara. Jika dilihat dari berbagai teknologi yang saat ini
berkembang, tidak lama lagi sistem keamanan militer suatu negarapun sudah
menggunakan teknologi Robot untuk
membantu mengamankan suatu negara bahkan dapat juga digunakan untuk berperang
jika memang dibutuhkan.
Sistem memiliki
data pada database, setiap input yang dimasukkan akan dicocokkan pada database
apakah user memiliki hak untuk menggunakan sesuatu yang dilindungi oleh alat
ini. Alat ini biasanya menggunakan sensor yang canggih. Tetapi kendala yang
dihadapi kasus ini adalah kemiripan ciri yang dimiliki seseorang sehingga
mungkin saja orang yang memiliki kemiripan akan dapat menggunakan fasilitas
yang dilindungi. Kemiripan inilah yang menjadikan kendala pada perkembangan di
bidang ini.
Keuntungan
penggunaan sistem pakar pada bidang ini adalah:
·
Mempertahanan sebuah instansi atau bahkan Negara.
·
Membantu dalam sistem keamanan yang terbatas dapat
dilakukan oleh manusia.
·
Mengurangi penyalahgunaan alat yang penting.
Kerugian
penggunaan sistem pakar pada bidang ini:
·
Penyalahgunaan dari kelemahan sistem ini akan
berakibat fatal.
·
Tingkat keamanan harus sangat diutamakan.
·
Rawan penjebolan/peretasan.
DAFTAR PUSTAKA
3.
http://bagusprstw.blogspot.com/2017/10/satu-bidang-yang-menggunakan-sistem.html
0 komentar:
Posting Komentar