Pengantar Teknologi Sistem Cerdas




PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS #


Disusun Oleh :

Tommy Armando                ( 1B117168 )






FAKULTAS  ILMU KOMPUTER  DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA

BAB I
PENDAHULUAN

1.1          Latar Belakang
 Teknologi semakin berkembang, dan perkembangan tersebut bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dan kini perkembangan teknologi lebih dikembangkan sehingga dapat mengikuti cara pikir manusia, dan itulah yang mendasari perkembangan dari Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Perkembangan AI setiap tahunnya selalu berkembang di berbagai aspek kehidupan sehari-hari di masyarakat. Kecerdasan buatan saat ini mulai diggunakan untuk membantu tugas yang kecil sampai tugas penting untuk membantu mengambil keputusan.


1.2      Rumusan Masalah
1.         Mengetahui definisi pengantar teknologi sistem cerdas
2.         Mengetahui mengetahui sejarah teknologi sistem cerdas
3.         Mengetahui contoh penerapan teknologi sistem cerdas di kehidupan sehari-hari


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Pengantar Teknologi Sistem Cerdas
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia. Berikut ini adalah beberapa kelebihan kecerdasan buatan :
1.      Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen.
2.      Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan.
3.      Kecerdasan buatan Lebih murah.
4.      Kecerdasan buatan bersifat konsisten
5.      Kecerdasan buatan dapat didokumentasi.
6.      Kecerdasan buatan lebih cepat dibandingan kecerdasan alami.
7.      Kecerdasan buatan lebih baik dibandingkan kecerdasan alami.

B.     Sejarah Teknologi Sistem Cerdas
Pada tahun 1940an, Teknologi Sistem Cerdas di temukan. Teknologi sistem cerdas terus berkembang dan kemudian  sampai ke Indonesia, pada tahun 1960an komputer diperkenalkan di Indonesia, hal ini dipengaruhi oleh perkembangan Sistem Cerdas yang ada di belahan dunia, dengan membuat beberapa sistem cerdas yang dapat membantu pekerjaan sehari hari, misalnya komputer yang sudah menggantikan penulisan dokumen pada mesin ketik, Telepon rumah yang kemudian digantikan oleh smartphone pada era teknologi maju seperti sekarang ini, dan masih banyak contoh lainnya. Di bawah ini adalah sejarah perkembangan Sistem Cerdas / Kecerdasan Buatan di dunia .

No
Tahun
Deskripsi
1
1206
Robot humanoid pertama karya Al-Jazari
2
1796
Boneka penuang the dari jepang bernama Karakuri
3
1941
Komputer elektronik pertama
4
1949
Komputer dengna program tersimpan pertama
5
1956
Kelahiran dari Artificial Intelligence pada Dartmouth conference
6
1958
Bahasa LISP dibuat
7
1963
Penelitian intensif departemen pertahanan Amerika
8
1970
Sisem pakaer pertama diperkenalkan secara luas
9
1972
Bahasa Prolog diciptakan
10
1986
Perangkat berbasis AI dijual luas mencapai $425 juta
11
1994
AC berbasis Neuro fuzzy dijual
12
2010
Sistem kecerdasan buatan untuk Pesawat komersial BOEING 900-ER ramai digunakan
13
2011
Service Robot untuk restoran berhasil dibuat di Indonesia
14
2012
Sistem Pakar Troubleshooting Komputer berbasis Fuzzy dan Self Learning
15
2012
Sistem immune pada Deteksi spam diciptaka


C.    Penerapan Dalam Kehidupan Sehari-Hari  
Dalam modern seperti sekarang ini sudah banyak macam teknologi system cerdas yang bisa kita temukan di sekeliling kita, bahkan tanpa kita sadari kegiatan sehari-hari yang kita lakukan merupakan penerapan teknologi system cerdas, contohnya : Bermain Video Game, merupakan hobi yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari dan berfungsi untuk menghibur, game-game yang dibuat di tahun 2016 merupakan game-game yang mempunyai grafik visual yang sangat realistis yang kemudian  di rilis untuk berbagai platform seperti PC, Sony Playstation, Microsoft Xbox, dan lain-lain, dalam bermain video game tersebut para user tidak hanya merasakan sensasi visual di depan layar TV atau monitor, di tahun 2016 ini sudah ditemukannya suatu perangkat yang membawa para user seakan-akan memasuki dunia virtual di dalam game tersebut, yaitu Virtual Reality, dengan perangkat ini user di ajak bagaimana merasakan sensasi visual di dalam dunia virtual secara nyata. 


DAFTAR PUSTAKA

3.      http://yanashintya.blogspot.com/2016/10/tugas-pengantar-teknologi-1-definisi.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar