A.
Pengertian
Dan Tujuan Bisnis
Pengertian Bisnis
Bisnis adalah usaha
perdagangan yang dilakuin oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk
mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi
kebutuhan konsumen .
Usahawan atau pelaku bisnis harus
mampu memadukan 4 macam sumber daya yaitu :
1. Sumber daya Materi
2. Sumber daya Manusia
3. Sumber daya Keuangan
4. Sumber daya Informasi
Tujuan Bisnis
Setiap bisnis atau
perusahaan berusaha ngolah bahan untuk dijadiin produk yang dibutuhkan oleh
konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuannya adalah unruk
mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan
suatu produk bagi konsumen.
B.
TEKNOLOLOGI INFORMASI DAN DUNIA BISNIS
Seiring dengan kemajuan
teknologi, hal tersebut banyak manfaat yang sangat berguna bagi kemajuan dan
kesejahteraan kehidupan manusia. Salah satu bukti nyata tentang kemajuan
teknologi sangat terasa di bidang IT atau teknologi informasi. Berikut ini
adalah beberapa kegunaan IT dalam bidang bisnis :
1. Munculnya peluang bisnis baru yakni E-Business.
Google merupakan salah satu contoh
dari E-Commerce atau E-Business. E-Business merangkap berbagai hal seperti
teknologi jaringan, lowongan pekerjaan, layanan customer, dll. Google merupakan
sebuah bukti nyata dimana search engine tersebut banyak digunakan oleh semua
orang dan memudahkan semua orang dalam mencari sesuatu di internet.
2. Memperluas Pangsa Pasar.
Salah satu manfaat IT dalam bidang
bisnis adalah memperluas pangsa pasar. Dengan adanya kemajuan teknologi dan
informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit
tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan demi keberlangsungan
bisnis yang mereka lakuin. Contohnya, Indonesia merupakan sebuah negara yang
terdiri dari SDM yang mencapai angka ratusan juta. Hal ini menarik para pelaku
bisnis besar untuk memproduksikan bisnisnya ke Indonesia. Hal tersebut menjadi
salah satu contoh dalam upaya para pelaku bisnis dalam memperluas usaha
bisnisnya.
3. Mengurangi biaya produksi dan operasional.
Kemajuan teknologi dapat bantu setiap
perusahaan dalam mengurangi biaya produksi dan juga mengurangi operasional. Hal
tersebut bisa terlihat dari setiap perusahaan yang menggunakan mesin dalam
melakukan pekerjaannya.
C. PROSEDUR
PENDIRIAN BISNIS, KONTRAK KERJA, DAN
PROSEDUR PENGADAAN
Prosedur Pendirian Bisnis
1. Tahapan pengurusan izin pendirian
2. Tahapan pengesahan menjadi badan
hukum
3. Tahapan penggolongan menurut bidang
yang dijalani
4. Tahapan mendapatkan pengakuan,
pengesahan dan izin dari departemen lain yang terkait
Kontrak Kerja
Kontrak kerja adalah
suatu perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara lisan dan/atau tulisan,
baik untuk waktu tertentu maupun untuk waktu tidak tertentu yang memuat
syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban.
Prosedur Pengadaan
Prosedur pengadaan terdiri
dari prosedur pengadaan tenaga kerja dan prosedur pengadaan barang dan jasa.
a.
Prosedur Pengadaan Tenaga Kerja
-
Perencanaan
Tenaga Kerja.
Perencanaan tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan
kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya.
-
Penarikan
Tenaga Kerja
Penarikan tenaga kerja diperoleh dari dua sumber, yaitu
sumber internal dan sumber eksternal. Sumber internal yaitu menarik tenaga
kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan nepotisme, berdasarkan sistem
kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik, dan sebagainya
b.
Seleksi Tenaga Kerja
Ada lima tahapan dalam menyeleksi
tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dan psikologi,
wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan).
D.
APLIKASI BISNIS
TEKNOLOGI INFORMASI
1.
Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasaran untuk jalanin bisnis
(profit/nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa,
netapin harga, mendistribusikan, serta promosiin melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
2.
Analisis situasi pasar
-
Perencanaan Barang (Product)
Atribut – atribut produk adalah sesuatu yang melengkapi
manfaat utama produksi sehingga mampu lebih memuaskan konsumen.
-
Penetapan Harga (Price)
Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi
konsumen maupun bagi produsen) yang umumnya dinyatain dalam satuan moneter
(rupiah, dollar, yen, ruppe, dan sebagainya).
-
Program Promosi (Promotion)
Promosi adalah pesan yang dipromosiin langsung kepada calon
pembeli melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi.
-
Saluran Distribusi (Place)
Salah satu keputusan yang sangat penting sebelum memulai
usaha adalah memilih lokasi yang tepat dan strategis sebagai usaha.
3.
Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah proses membagi – bagi pasar yang
semula heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang sikapnya lebih
seragam. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang
mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.
4.
Strategi promosi
Promosi adalah pesan yang dibicarakan langsung kepada calon pembeli melalui
berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi. Kegiatan promosi dapat
berupa :
·
Iklan
(menginformasikan produk pada masyarakat)
·
Penjualan
langsung (langsung ke konsumen)
·
Promosi
penjualan (untuk membeli lebih banyak produk)
·
Hubungan
masyarakat (citra baik tentang produk)
·
Publikasi
(promosi gratis)
E.
PROSES DAN
STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
1.
Dasar Perencanaan
Proses perencanaan dapat dilaksanakan menyeluruh, misalnya
dalam perencanaan korporat, perencanaan strategis, atau perencanaan jangka
panjang. Bisa juga dilakukan per divisi atau unit bisnis stategis menjadi
rencana divisi atau anak perusahaan tertentu di dalam suatu korporasi yang
lebih besar.
2.
Tantangan Implementasi
Pada bahasan ini, kita membahas mengenai tantangan implementasi bisnis kepada
pengembangan system. Kata implementasi bermuara pada aktivitas, adanya aksi,
tindakan, atau mekanisme suatu sistem.
Masalah yang dihadapi dalam implementasi tersebut biasanya
adalah sebagai berikut :
·
Pengguna
tidak mengetahui kemampuan teknologi yang dapat digunain untuk bantu proses
bisnis yang dikerjakannya setiap hari, dan pada tahap analisa developer juga
tidak mengetahui benar-benar proses bisnis yang berlangsung
atau juga karena standard dari developer yang kurang dalam
membuat program sehingga program yang dihasilin adalah program yang baik.
·
Kedua
belah pihak tidak memahami asumsi dan ketergantungan yang ada dalam system dan
bisnis proses, sehingga pada tahap implementasi jika ada bagian dari proses
bisnis yang belum di cover oleh system dan kemudian dibuatkan fungsi baru yang
ternyata menimbulkan masalah.
·
Dalam
implementasi system terintegrasi, dimana pengguna tidak dapat menjadikan
implementasi sebagai prioritas pertama, dimana pengguna yang sudah disibukkan
dengan kegiatan operasional akan berpura-pura menyetujui, menjalankan dan
mengikutinya tetapi pada kenyataannya semuanya tidak berjalan sesuai dengan
harapan. Akan membutuhkan CETL yang lama jika dijadikan sebagai resource untuk
aplikasi BI.
3.
Pengembangan Sistem Bisnis
Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dengan
aktivitas orang/user, yang menggunakan teknologi itu, untuk mendukung operasi
dan manajemen. Jadi, bisa dipastiin bahwa semua perusahaan butuh. Nah, ketika
kita membicarakan perusahaan, maka kita akan berbicara juga mengenai profit.
Dan manakala kita membicarakan profit, otomatis kita pasti akan juga
membicarakan manajemen. Karena dengan manajemen yang baik, pastinya akan
menghasilkan profit yang baik juga. Itulah peluang yang sangat besar jika kita
mulai melihat Pengembangan Sistem Informasi sebagai proyek bisnis kita kelak.
F.
ATURAN
E-BUSSINESS PADA BISNIS
·
Komunikasi
adanya fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi,
layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan
perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
·
Komersial
adanya sistem yang melaksanain transaksi online mulai dari promosi barang, pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman barang.
·
Proses
bisnis Setiap pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan
mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan
optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi
agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi
dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan
dengan perdagangan yang dilakukan secara
tradisional.
·
Layanan
Bagi setiap institusi yang menjadi
pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya
menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih
terjangkau.
·
Learning
Untuk meningkatkan awareness baik
diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar
semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari
transaksi online.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar