TREND SIS / TI DALAM BIDANG BISNIS



A.      Pengertian Dan Tujuan Bisnis
Pengertian Bisnis


Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakuin oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen .
Usahawan atau pelaku bisnis harus mampu memadukan 4 macam sumber daya yaitu :
1.      Sumber daya Materi
2.      Sumber daya Manusia
3.      Sumber daya Keuangan
4.      Sumber daya Informasi
Tujuan Bisnis
Setiap bisnis atau perusahaan berusaha ngolah bahan untuk dijadiin produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuannya adalah unruk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.

B.       TEKNOLOLOGI  INFORMASI DAN DUNIA BISNIS
Seiring dengan kemajuan teknologi, hal tersebut banyak manfaat yang sangat berguna bagi kemajuan dan kesejahteraan kehidupan manusia. Salah satu bukti nyata tentang kemajuan teknologi sangat terasa di bidang IT atau teknologi informasi. Berikut ini adalah beberapa kegunaan IT dalam bidang bisnis :
1.      Munculnya peluang bisnis baru yakni E-Business.
Google merupakan salah satu contoh dari E-Commerce atau E-Business. E-Business merangkap berbagai hal seperti teknologi jaringan, lowongan pekerjaan, layanan customer, dll. Google merupakan sebuah bukti nyata dimana search engine tersebut banyak digunakan oleh semua orang dan memudahkan semua orang dalam mencari sesuatu di internet.
2.      Memperluas Pangsa Pasar.
Salah satu manfaat IT dalam bidang bisnis adalah memperluas pangsa pasar. Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan demi keberlangsungan bisnis yang mereka lakuin. Contohnya, Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari SDM yang mencapai angka ratusan juta. Hal ini menarik para pelaku bisnis besar untuk memproduksikan bisnisnya ke Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu contoh dalam upaya para pelaku bisnis dalam memperluas usaha bisnisnya.
3.      Mengurangi biaya produksi dan operasional.
Kemajuan teknologi dapat bantu setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksi dan juga mengurangi operasional. Hal tersebut bisa terlihat dari setiap perusahaan yang menggunakan mesin dalam melakukan pekerjaannya.

C. PROSEDUR PENDIRIAN BISNIS, KONTRAK  KERJA, DAN PROSEDUR PENGADAAN
Prosedur Pendirian Bisnis
1.      Tahapan pengurusan izin pendirian
2.      Tahapan pengesahan menjadi badan hukum
3.      Tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani
4.      Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain yang terkait
Kontrak Kerja
Kontrak kerja adalah suatu perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara lisan dan/atau tulisan, baik untuk waktu tertentu maupun untuk waktu tidak tertentu yang memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban.
Prosedur Pengadaan
Prosedur pengadaan terdiri dari prosedur pengadaan tenaga kerja dan prosedur pengadaan barang dan jasa.
a.      Prosedur Pengadaan Tenaga Kerja
-          Perencanaan Tenaga Kerja.
Perencanaan tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan dan cara memenuhinya.
-          Penarikan Tenaga Kerja
Penarikan tenaga kerja diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber internal dan sumber eksternal. Sumber internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik, dan sebagainya
b.      Seleksi Tenaga Kerja
Ada lima tahapan dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dan psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan).

D.      APLIKASI BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
1.        Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasaran untuk jalanin bisnis (profit/nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, netapin harga, mendistribusikan, serta promosiin melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
2.        Analisis situasi pasar
-          Perencanaan Barang (Product)
Atribut – atribut produk adalah sesuatu yang melengkapi manfaat utama produksi sehingga mampu lebih memuaskan konsumen.
-          Penetapan Harga (Price)
Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi konsumen maupun bagi produsen) yang umumnya dinyatain dalam satuan moneter (rupiah, dollar, yen, ruppe, dan sebagainya).
-          Program Promosi (Promotion)
Promosi adalah pesan yang dipromosiin langsung kepada calon pembeli melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi.
-          Saluran Distribusi (Place)
Salah satu keputusan yang sangat penting sebelum memulai usaha adalah memilih lokasi yang tepat dan strategis sebagai usaha.

3.        Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah proses membagi – bagi pasar yang semula heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang sikapnya lebih seragam. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.
4.        Strategi promosi
Promosi adalah pesan yang dibicarakan  langsung kepada calon pembeli melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi. Kegiatan promosi dapat berupa :
·         Iklan (menginformasikan produk pada masyarakat)
·         Penjualan langsung (langsung ke konsumen)
·         Promosi penjualan (untuk membeli lebih banyak produk)
·         Hubungan masyarakat (citra baik tentang produk)
·         Publikasi (promosi gratis)

E.       PROSES DAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
1.        Dasar Perencanaan
Proses perencanaan dapat dilaksanakan menyeluruh, misalnya dalam perencanaan korporat, perencanaan strategis, atau perencanaan jangka panjang. Bisa juga dilakukan per divisi atau unit bisnis stategis menjadi rencana divisi atau anak perusahaan tertentu di dalam suatu korporasi yang lebih besar.
2.        Tantangan Implementasi
Pada bahasan ini, kita membahas mengenai  tantangan implementasi bisnis kepada pengembangan system. Kata implementasi bermuara pada aktivitas, adanya aksi, tindakan, atau mekanisme suatu sistem.
Masalah yang dihadapi dalam implementasi tersebut biasanya adalah sebagai berikut :
·         Pengguna tidak mengetahui kemampuan teknologi yang dapat digunain untuk bantu proses bisnis yang dikerjakannya setiap hari, dan pada tahap analisa developer juga tidak mengetahui benar-benar proses bisnis yang berlangsung
atau juga karena standard dari developer yang kurang dalam membuat program sehingga program yang dihasilin adalah program yang baik.
·         Kedua belah pihak tidak memahami asumsi dan ketergantungan yang ada dalam system dan bisnis proses, sehingga pada tahap implementasi jika ada bagian dari proses bisnis yang belum di cover oleh system dan kemudian dibuatkan fungsi baru yang ternyata menimbulkan masalah.
·         Dalam implementasi system terintegrasi, dimana pengguna tidak dapat menjadikan implementasi sebagai prioritas pertama, dimana pengguna yang sudah disibukkan dengan kegiatan operasional akan berpura-pura menyetujui, menjalankan dan mengikutinya tetapi pada kenyataannya semuanya tidak berjalan sesuai dengan harapan. Akan membutuhkan CETL yang lama jika dijadikan sebagai resource untuk aplikasi BI.

3.        Pengembangan Sistem Bisnis
Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dengan aktivitas orang/user, yang menggunakan teknologi itu, untuk mendukung operasi dan manajemen. Jadi, bisa dipastiin bahwa semua perusahaan butuh. Nah, ketika kita membicarakan perusahaan, maka kita akan berbicara juga mengenai profit. Dan manakala kita membicarakan profit, otomatis kita pasti akan juga membicarakan manajemen. Karena dengan manajemen yang baik, pastinya akan menghasilkan profit yang baik juga. Itulah peluang yang sangat besar jika kita mulai melihat Pengembangan Sistem Informasi sebagai proyek bisnis kita kelak.

F.       ATURAN E-BUSSINESS PADA BISNIS


·          Komunikasi adanya fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
·          Komersial adanya sistem yang melaksanain transaksi online mulai dari promosi barang,  pemesanan barang,  pembayaran dan pengiriman barang.
·          Proses bisnis Setiap pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan  perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
·          Layanan  Bagi setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.
·          Learning  Untuk meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.

Sumber :

Share:

0 komentar:

Posting Komentar