Sistem Penjualan Pada Laundry Kiloan

LATAR BELAKANG
         Suatu perusahaan baik yang sudah besar maupun perusahaan kecil membutuhkan pencatatan keuangan yang baik,demi kelangsungan jalanya perusahaan tersebut,pencatatan ini juga berguna agar pemilik perusahaan dapat mengawasi dan menganalisa perusahaan miliknya guna pengambilan keputusan dimasa yang akan datang.saya pun melakukan sebuah analisa mengenai sebuah UKM yang berada disekitar rumah saya

Berikut ini adalah hasil analisa sistem penjualan pada UKM Laundry kiloan yang saya lakukan :
1.BAGIAN PENERIMAAN

ini adalah bagian pertama kali dimana karyawan akan menerima pakaian kotor dari pelanggan di tempat UKM saya melakukan penelitian UKM tersebut memiliki 2 orang yang bertugas pada bagian ini,sang karyawan kemudian akan menimbang berat dari pakaian tersebut dan menentukan harga total yang harus dibayar oleh pelanggan,sang karyawan juga akan memberikan nota kepada pelanggan yang akan diggunakan juga pada saat pengambilan pakaian nantinya.

2.BAGIAN PENCUCIAN
Bagian ini terdiri dari 4 orang yang bekerja secara shift para karyawan juga dibayar berdasarkan jumlah kilogram pakaian yang mereka cuci.
Dibagian ini terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu :
  • PEMILIHAN ini adalah proses dimana pakain akan dipilah berdasarkan jenis-jenis nya dan juga memilih pakaian dengan noda yang tidak bisa dihilangkan hanya dengan mesin cuci.
  • PENCUCIAN setelah pakaian dipilah berdasarkan jenisnya kemudian pakaian mulai dimasukan kedalam mesin cuci,pakaian dengan noda yang sulit dihilangkan akan melalui tahapan perendaman dengan cairan pembersih terlebih dahulu
  • PENGERINGAN setelah tahapan pencucian pakaian kemudian mulai dikeringkan ada pakaian yang bisa menggunakan mesin pengering dan ada juga pakaian yang harus dijemur dimatahari untuk proses pengeringan nya.
  • PENYETRIKAAN setelah pakaian kering petugas akan mulai menyetrika pakaian pada tahapan ini juga biasanya akan memberikan pewangi pada pakaian
  • PEMBUNGKUSAN pakaian yang telah disetrika kemudian akan dibungkus sesuai dengan nota pelanggan.

 3.BAGIAN KASIR
 
Pelanggan yang akan mengambil pakaiannya akan datang kekasir dengan memberikan nota,petugas kasir kemudian akan mencocokan bahwa nota peleanggan sama dengan nota pada pakaian agar hal ini bertujuan agar pakaian tidak tertukar,kemudian pelanggan akan membayar sesuai dengan harga yang telah tersedia.

4.PERSEDIAAN
UKM tempat saya melakukan penelitian melakukan kerjasama dengan sebuah merk detergent,perusahaan itu akan melakukan suplai untuk ukm tersebut sekali seminggu,
HASIL ANALISIS / KESIMPULAN
  • Pada tempat laundry saya melakukan pengujian,UKM tersebut tidak menyediakan pelayanan antar atau jemput pakaian,sehingga pelanggan harus datang sendiri untuk mengantar pakaian mereka,tentu saja ini bukan masalah jika pelanggan hanya ingin mencuci satu atau dua kilogaram pakaian pelanggan bisa mengantar  pakaian mereka dengan menggunakan motor,namun jika jumlah pakaian yang ingin dicuci dalam jumlah banyak tentunya akan sulit ini dikarenakan tidak semua pelanggan memiliki mobil,tempat laundry tersebut juga menerima pencucian karpet,bantal,boneka,bahkan kasur tentunya akan lebih mudah jika penyedia jasa layanan laundry kiloan menyediakan jasa penjemputan dengan menggunakan mobil pick-up namun akan mengenakan biaya tambahan bila pelanggan ingin pakaian mereka dijemput. 
  • UKM tersebut melakukan jam kerja shift,kebanyakan para karyawan yang bekerja di ukm tersebut adalah seorang asisten rumah tangga yang menjadikan laundry kiloan sebagai penghasilan tambahan,pada bagian penyetrikaan misalkan sang karyawana akan mendapatkan uang Rp.700 rupiah untuk setiap kilogram pakaian yang telah disetrika.
  • Di tempat saya melakukan penelitian juga pada bagian penerimaan pakaian dan kasir sudah menggunakan sebuah aplikasi untuk melakukan pencatatan data-data pelanggan hal ini sangat baik karena membuat pembukuan menjadi lebih rapih,data pelanggan pun menjadi lebih aman.

PENUTUP
Dari makalah yang saya buat diatas saya menyimpulkan bahwa sistem penjualan yang baik dapat meningkatkan pelayanan serta meningkan citra dari UKM tersebut,dan tentunya palayanan yang baik dan mutu adalah hal yang selalu dicari oleh para pelanggan,oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sistem penjualan yang baik dapat meningkatkan pendapatan dari UKM tersebut.

Sekian Analisis UKM yang saya lakukan Mohon maaf jika ada kekurangan pada analisa yang saya lakukan ini  
Terima Kasih.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar