Filing adalah segala tindakan atau perbuatan atau
kegiatan yang berhubungan dengan masalah pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan,
penempatan, pemeliharaan dan distribusi atas surat surat, catatan catatan,
perhitungan perhitungan, grafik grafik, data ataupun informasi yang lain dan
tindakan tersebut dilakukan dengan setepat tepatnya dalam rangka melakakukan
suatu proses manajemen serta catatan maupun surat tersebut dapat ditemukan
kembali dengan mudah.
Mengapa suatu Filing diperlukan dalam suatu perusahaan ?
Mengapa suatu Filing diperlukan dalam suatu perusahaan ?
1.
dihubungkan dengan bisa tidaknya surat
yang disimpan tersebut dipakai dengan mengikuti perubahan di waktu yang akan
dating baik menyangkut masalah yang berhubungan dengan perencanaan,pengembangan
perusahaan, maupun kemajuan dan perubahan organisasi.
2.
Masalah keamanan penempatan FILING yang
sebaiknya sewaktu waktu jika diperlukan dapat dengan mudah ditemukan, hal ini
sangat penting karena menyankut dengan proses pengambilan keputusan yang akan
dilakukan perusahaan. Sehingga kecepatan waktu dalam penemuan surat yang
dibutuhkan seorang manager sangat perlu diperhatikan.
3.
FILING merupakan suatu tempat penampungan
daya ingatan seorang manajer yang sewaktu waktu jika diperlukan harus dengan
cepat ditemukan.
4.
FILING yang dibuat setepat tepatnya baik
pada saat penyimpanan disebut sebagai warkat atau PAPERS
Papers tersebut antara lain :
- Surat pembayaran barang
- Surat penerimaan barang
- Surat hutang
- Surat asuransi
- Surat penjualan barang
- Surat pengiriman barang dll
PENYUSUNAN PAPERS KE DALAM FILE
Untuk menunjang keamanan penyimpanan papaers bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya :
- Surat pembayaran barang
- Surat penerimaan barang
- Surat hutang
- Surat asuransi
- Surat penjualan barang
- Surat pengiriman barang dll
PENYUSUNAN PAPERS KE DALAM FILE
Untuk menunjang keamanan penyimpanan papaers bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya :
1.
system penyusunan papers menurut abjad
Penyusunan papers berdasarkan abjad ini
masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian misalnya berdasarkan :
§
Nama orang, nama pendaftar, nama mahasiswa
dan sebagainya
§
Masalah yang akan dibahas, topic yang
dibicarakan
Untuk mempermudah penempatan dan penemuan
kembali papers papers yang bersangkutan maka sebaiknya dalam tempat penyimpanan
papers pada awal nama diselipkan huruf abjad yang sesuai dengan nama depan atau
huruf depannya misalnya untu setiap pengatian nama atau topic ditulis kedalam
lembaran yang menonjol sehingga mudah dlama mencari topic atau nama yang
lainya.
2. system penyusunan papers menurut
subyek
Penyusunan papers menurut subyek ini
merupakan modifikasi dari penyusunan papers menurut abjad. Modifikasi tersebut
dalam hal ini surta atau subyek pokoknya jadi tidak semata mata abjadnya saja.
3. system penyusunan papers menurut
nomor
Penyusunan papers ini dengan jalan menempatkan
file file kedalam tempat yang sesuai untuk kemudian setiap tabs (adalah
lembaran menonjol sehingga jelas menjadi pembatas antara bagian bagian yang
berbeda) dari masing masing file yang dibubuhi nomor dan menempatkannya sesuai
dengan nomor surat. Penyusunan ini biasa digunakan untuk paper-papers seperti
cek, wesel atau surat surat berharga lainnya.
4. system penyusunan papers menurut
daerah
File ini digunakan pada instansi atau
perusahaan yang mempunyai kantor cabang.
Manfaat penggunaan system file ini yaitu dapat dengan mudah mengetahui luasnya wilayah penjualan atau tanggung jawab masing-masing cabang sehingga dapat membuat atau memperkirakan anggaran belanja, oengahasilan , biaya perseorangan yang dibutuhkan untuk memperlancar operasi perusahaan.
Manfaat penggunaan system file ini yaitu dapat dengan mudah mengetahui luasnya wilayah penjualan atau tanggung jawab masing-masing cabang sehingga dapat membuat atau memperkirakan anggaran belanja, oengahasilan , biaya perseorangan yang dibutuhkan untuk memperlancar operasi perusahaan.
5. system penyusunan papers menurut waktu
Penyusunan file dilakukan dengan memperhatikan urutan
waktu penerimaan papers dan jangan lupa system ini sangat ditunjang
keberhasilannya dengan memakai system, tabs.
Cara ini biasanya dipakai untuk mencatat semua tagiahan menurut urutan jatuh tempo atau pemberian kredit usaha ataupun korespondensi dan sebagainya.
Manfaat system ini bisa diketahui kapan suatu piutang sudah saatnya ditagih, beberapa jumlahnya dan berapa denda atau biaya ditanggung dalam jangka waktu pendek, kapan saat mendesaknya dan sebagainya.
PERKEMBANGAN PENYIMPANAN DATA
Perkembangan penyimpanan data yang diperlukan suatu
perusahaan yang sewaktu waktu dapat diambil dengan mudah cepat berkembang
seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi.
Perkembangan teknologi yang sangat
membantu meringankan beban petugas penyimpanan data adalah perkembangan
teknologi di bidang teknik computer dimana dengan perkembangan teknologi
computer maka sekarang dapat digunakannya mesin mesin electronic data
processing, pita suara, laser disc, compact disc dsb. Ada batas batas waktu
tertentu suatu papers sudah tidak dibutuhkan lagi atau diperlukan surat surat
tertentu kita masukkan kedalam suatu file. Kebijaksanaan tersebut yaitu maslah
bagaimana penerapan suatu system filing benar benar tepat dilakukan, bagaimana
kegunaan penyimpanan suatu papers atau apa yang akan diperoleh dengan
penyimpanan suatu papaers dapat kita pelajari dalam kebijaksanaan di bidang
Records Retention Schedule.
Sumber :
Sumber :
§ http://argienanlenka.blogdetik.com/2010/07/17/pengertian-filing/
0 komentar:
Posting Komentar